Minggu, 18 Oktober 2015

Mengenal Statistik Non Parametrik






Tes statistik Non-Parametrik adalah tes yang modelnya tidak menetapkan syarat-syarat mengenai parameter-parameter populasi. Anggapan-anggapan tertentu dikaitkan dengan sejumlah besar tes-tes non-parametrik, yakni bahwa observasi-observasinya independen dan bahwa variabel yang diteliti pada dasamya memiliki kontinuitas. Namun anggapan-anggapan ini lebih sedikit dan jauh lebih lemah daripada anggapan-anggapan yang ber-kaitan dengan tes parametrik. Terlebih lagi, tes non-parametrik tidak menuntut pengukuran sekuat yang dituntut tes-tes parametrik; sebagian besar tes non-parametrik dapat diterapkan untuk data dalam skala ordinal, dan beberapa yang lain juga dapat diterapkan untuk data dalam skala nominal.

Kekuatan tes non-parametrik mungkin dapat ditingkatkan dengan hanya memperbesar ukuran jumlah sampel, dan karena ilmuwan sosial jarang mencapai jenis pengukuran yang memungkinkan penggunaan secara berarti tes parametrik, maka tes non-parametrik memainkan peran penting dalampenelitian di lapangan ilmu sosial.

sumber buku: Statistik Non Parametrik - Wahid Sulaiman


Statistika Non Parametrik
Statistik nonparametrik adalah yang berhubungan dengan data yang berbentuk ranking atau data kualitatif (skala nominal atau ordinal) atau data kuantitatif yang tidak berdistribusi normal. Oleh karena itu statistik nonparametrik seringkali disebut dengan statistik bebas distribusi. Pada statistik nonparametrik, kita akan menguji karakteristik populasi tanpa menggunakan spesifik parameter.  Oleh karena itu statistik uji ini disebut dengan statistik nonparametrik yaitu akan menguji apakah lokasi populasi berbeda dari pada menguji apakah rata-rata populasi berbeda. Terdapat 8 cara atau metode penyelesaian statistic non parametrik, yaitu :
1. Korelasi Spearman dan Kendall Tau
2. Uji Chi Square
3. Uji Wilcoxon
4. Uji Mann-Whitney (UTest)
5. Uji Kruskal-Wallis (HTest)
6. Two Independent Samples Test
7. Two Related Samples Test
8. K Independent Sample Test

sumber buku: Statistik Non Parametrik -Singgih Santoso

Lebih mendalam pelajari Menu Artikel terkait Non Parametrik di blog ini. klik disini

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Posting Komentar