Sabtu, 26 September 2015

DATA ENTRY

INPUT DATA

Tahap awal analisis statistik dengan SPSS adalah input data. Di bawah ini adalah tampilan ketika kita pertama kali masuk dalam software SPSS.


Apabila anda masih belum paham silakan (download-1, download-2) file ini.

Input data bisa kita lakukan langsung di SPSS atau memindahkan data dari Excel ke SPSS. Untuk memindahkan data dari format Excel ke SPSS, kita hanya melakukan copy dan paste. Copy data yang akan kita analisis dari Excel kemudian kita pindahkan ke SPSS dengan mem-paste. Perintah paste bisa kita lihat di option Edit atau klik kanan dengan menempatkan kursor pada baris 1 kolom 1. Berikut adalah tampilan setelah data diinput di SPSS.





MEMBERI NAMA VARIABEL
Setelah data diinput di SPSS, langkah selanjutnya adalah memberi nama setiap variabel tersebut. Perhatikan tulisan pada sheet SPSS paling bawah. Ada dua tulisan sheet di sana, yaitu Data View dan Variabel View. Lakukan langkah-langkah berikut untuk memberi nama setiap variabel yang kita input.
1. Klik sheet Variabel View, selanjutnya format SPSS akan berbentuk sebagai berikut.

2. Beri nama kepuasan pada kolom X1 dan gender pada kolom X2. Kemudian pada kolom label kita beri nama tingkat kepuasan akan rasa minuman dan pada kolom. label baris dua kita beri nama jenis kelamin. Hasil output SPSS adalah sebagai berikut.


3. Selanjutnya klik kolom Values, maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut.


Kolom Values berguna untuk memberikan keterangan apabila data yang kita input berskala nominal atau ordinal. Variabel jenis kelamin dikelompokkan sebagai data nominal, tediri atas laki-laki dan wanita. Pada sheet Data View, bilangan 0 merupakan label untuk jenis kelamin wanita dan bilangan 1 untuk jenis kelamin laki-laki. Selanjutnya, pada kotak dialog Value Labels kita beri nilai 0 pada kolom Values dan wanita pada kolom label lalu klik Add dan beri nilai 1 pada kolom Value dan- laki-laki pada kolom Label lalu klik Add. Hasilnya adalah sebagai berikut.



4. Klik OK.

MENENTUKAN JENIS VARIABEL
Selanjutnya, kita definisikan pada kolom Measure jenis data yang kita input. Misal, untuk variabel jenis kelamin, skala datanya kita ubah dari Scale menjadi Nominal dengan mengeklik kolom Measure dan memilih datanya menjadi berskala nominal. Lihat tampilan berikut.


Untuk kembali ke sheet utama, kita klik kembali sheet Data View yang terletak pada bagian bawah tampilan.
Pengaturan angka dalam desimal dapat dilihat pada kolom Decimals. Secara otomatis SPSS akan memformat dalam bentuk 2 desimal. Jika kita menginginkan tampilan data dalam sheet tidak memiliki nilai desimal, maka kita dapat mengubahnya menjadi nol. Lihat tampilan berikut.




0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Posting Komentar